Minggu, 10 Oktober 2021

3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual -Pengambilan Keputusan sebagai pemimpin pembelajaran

  1. Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

Berpijak dari dasar filosofi pendidikan yang diprakarsai oleh Ki Hajar Dewantara bahwasannya Pendidikan harus menumbuh kembangkan kebudayaan. Guru sebagai seorang pamong bagi murid-murid. sementara itu murid harus diberikan ruang yang seluas-luasnya dalam upaya mengeksplorasi diri mereka.  Begitu juga saya sebagai seorang guru dalam penerapan proses pembelajaran saya harus mampu menjadi Pamong bagi murid - murid saya. Menjalankan 3 semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, & Tut Wuri Handayani. Dalam pengejaran saya akan selalu berusaha untuk menerapakan Pendidikan yang berpusat pada guru dalam upaya untuk melahirkan pelajar yang berkarakter Pancasila yang Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Mandiri, Kreatif, Bernalar Kritis, Berkebhinekaan Global, & Berjiwa Gotong Royong. 

Dalam upaya untuk mewujudkan profile pelajar Pancasila ini tentunya saya sebagai seorang guru tidak bisa sembarangan dalam pengambilan sebuah keputusan baik itu yang menyangkut diri sendiri maupun murid sebagai pusat dalam pembelajaran. Langkah - langkah dalam kebijakan mengambil sebuah keputusan akan menjadi bekal yang sangat berarti bagi saya selaku CGP untuk melangkah menjadi guru yang tepat bagi murid -- muridnya.

Dalam upaya mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah, saya lakukan melalui aksi nyata dan berbagi hasil dengan rekan-rekan yang lain. Selain itu saya juga berusaha melali kegiatan-kegiatan sekolah seperti rapat atau kegiatan lain seperti kumpul dengan rekan sejawat saya akan menceritan tentang ilmu yang saya dapatkan melalui guru penggerak ini.

 

2.   Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

Guru sebagai pemimpin pembelajaran pastinya pernah mengalami dilema etika atau bujukan moral pada sebuah keputusan yang diambil saat menangani kasus murid  atau rekan sejawat  komunitas di sekolah, dengan mempertimbangan nilai benar vs benar (situasi yang terjadi ketika seseorang harus memilih antara dua pilihan diamana dua pilihan itu secara moral benar tetapi bertentangan), benar vs salah (seseorang membuat keputusan antara benar atau salah).

Saya sebagai seorang guru juga tentunya harus mampu untuk memulai memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran. Untuk itu maka saya harus melatih keterampilan diri dalam memahami setiap masalah yang saya hadapi. Apakah itu sebuah dilemma etika atau bujukan moral. Supaya saya tepat sasaran dalam menentukan sebuah keputusan. Setelahnyaa saya harus berbagi pengetahuan ini dengan rekan - rekan sejawat, yang sudah mendapatkan persetujuan dari pimpina tentunya. Agar semua berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

 

3.   Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

Langkah-langhkah ini akan saya terapkan mulai minggu ini. Semakin awal saya berbagi maka semakin cepat praktik praktik baik ini bisa diimbaskan kepada rekan-rekan. Dan tentunya ini akan semakin berdampak pada murid.

 Adapun rencana saya susun sebagai berikut

No

Kegiatan

Waktu

1

Meminta Izin kepala sekolah

11 Oktober 2021

2

Pemaparan materi pada saat rapat

Sewaktu-waktu saat ada kesempatan/ Sesuai Izin Kepala sekolah

3

Diskusi dengan MGMP

16 Oktober 2021

 

4.   Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

Dalam melaksakan praktek baik ini banyak piihak yang saya libatkan utamanya warga sekolah

a.    kepala sekolaha sebagai fungsi control dan juga penanggung jawab penuh atas segala kegiatan sekolah

b.    Rekan-rekan guru sebagai pengawas, pemberi saran, dan juga salah satu sasaran pengimbsan pengetahuan

c.    Murid sebagai target utama dalam pelaksanaan pengajaran yang berpihak pada siswa melalui sebuah pengambilan keputusan sebagai pemimpin dalam pembelajaran

Sedangkan teman yang akan menjadi teman diskusi saya untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif adalah salah seorang rekan guru disekolah yang memiliki kretivitas tinggi atas nama I Putu metrya

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar